Penggunaan Sediaan Gel Ekstrak Batang Pohon Pisang Ambon (Musa paradisiaca var sapientum) Dalam Proses Penyembuhan Luka Pada Mencit (Mus musculus)

Authors

  • Amany Nabila Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Irzal Irda Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Ulva Mohtar Lutfi Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Sujatmiko Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh

DOI:

https://doi.org/10.32530/jlah.v6i2.34

Keywords:

penyembuhan luka, mencit, sediaan gel

Abstract

Pohon pisang masih memiliki keunggulan berbeda, air perasan batang pisang bisa dipakai sebagai obat luka. Tinjauan ilmiah efektivitas pohon pisang pada penyembuhan luka, menunjukkan hasil yang memuaskan dari pisang ambon (Musa paradisiaca var sapientum) yang digunakan dalam penyembuhan luka mencit percobaan. Pada penelitian ini pengobatan luka pada mencit dilakukan dengan menerapkan teknologi ekstrak batang pisang ambon. Tujuannya adalah untuk mengetahui derajat penyembuhan luka yang diberi sediaan gel batang pisang ambon. Materi yang digunakan adalah mencit putih sebanyak 20 ekor yang dibagi menjadi dua perlakuan perlakuan diberi sediaan gel ekstrak batang pisang ambon, sedangkan kontrol diberi obat komersial yang mengandung neomicyn sulfat dan ekstrak plasenta. Proses monitoring penyembuhan luka dilakukan selama 21 hari dengan mengukur panjang luka pada hari ke 1, 3, 5, 7, 14 dan 21. Hasil penelitian ini menunjukkan penyembuhan luka pada kulit mencit yang diberi perlakuan (10 hari) lebih cepat 4 hari dibandingkan kontrol (14 hari). Namun, kedua pemulihan tersebut tidak melampaui batas pengamatan penyembuhan luka.

Downloads

Published

2023-08-28

How to Cite

Nabila, A., Irda, I., Lutfi, U. M., & Sujatmiko. (2023). Penggunaan Sediaan Gel Ekstrak Batang Pohon Pisang Ambon (Musa paradisiaca var sapientum) Dalam Proses Penyembuhan Luka Pada Mencit (Mus musculus). Journal of Livestock and Animal Health, 6(2), 93–97. https://doi.org/10.32530/jlah.v6i2.34

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)